Friday 21 January 2011

Alat Peraga IPA

Pada semester V ini dapet mata kuliah Pembelajaran Sains di MI. Untuk tugas akhir saya dan teman-teman PGMI semseter V disuruh membuat sebuah alat peraga IPA. Alat peraganya khusus untuk buat anak MI/SD. Dalam pembuatan Alat perga IPA ini ditugaskan secara berkelompok. Saya satu kelompok dengan Ria dan Dewi. Sebenarnya saya yang paling ga punya ide buat alat IPA. Tanya ke kakak atau teman yang lain tetap saja belum menemukan yang cocok untuk membuat alat peraga IPA. Teman sekolompok saya Dewi mengirimkan sebuah email tentang alat peraga yang dia searching dari internet juga. Alat peraga IPA yang saya buat ini melihat dari sebuah web yg ditulis oleh pa Abdul Azis Mapata seorang guru MI di makassar(http://apakabarpsbg.wordpress.com/2008/08/10/aku-butuh-air-sebuah-apm-yang-kreatif-dari-makassar/), dari petunjuk beliaulah saya dan teman-teman mencoba membuat alat peraga sama persis yang di buat pa Abdul Azis. Awalnya saya ga tau bagaimana cara kerja dan pembuatan alat peraga tersebut. Sampai akhirnya Ria temen saya membaca cara pembuatnnya dengan cermat, akhirnya Ria mengerti juga bagaimana cara membuatnya. Dan kita bertiga mulai membuatnya.

Alat dan bahan : gunting,pulpen/spidol,kardus,kawat,sedotan,kaleng bekas (kaleng susu frisian flag) ,benang,bambu kecil,ember cat.

Cara Pembuatan :

  1. Buat motif daun pada kardus (ini dapat diganti dengan daun yang asli dan mudah didapatkan, seperti daun Mangga).
  2. Tempelken sedotan aqua gelas pada bagian bawah daun.
  3. Ikat kawat pada bambu untuk menempelkan daun.
  4. Ikat benang pada ujung tangkai daun kemudian hubungkan ke kaleng.
  5. Tempelkan bambu ke kaleng cat bekas sebagai penyangga pohon.
  6. Isi air di dalam kaleng bekas tadi,maka daun akan terlihat segar atau bergerak seolah sedang mekar.

Kegunaan Alat : untuk membuktikan bahwa tumbuhan adalah makhluk hidup yang memerlukan air (Tema Lingkungan).

inilah foto alat peraga buatan kami dengan sedikit hiasan sehingga menarik minat anak.

1 comment:

  1. itu maksudnya pas mau hubungakn benangnya ke kaleng gi mana mbak?

    ReplyDelete